Belajar Untuk Masa Depan Cerah

Ilmu Teknologi

Sunday 22 December 2019

Pengertian Media,Pengertian Jaingan,dan Macam-macam jaingan


          Hallo teman-teman,kali ini saya akan membagikan rangkuman materi tentang Pengertian Media,Pengertian Jaingan,dan Macam-macam jaingan,setelah kalian kemarin membaca artikel tentang Macam-Macam Perangkat Komputer Lengkap.Yuk simak rangkumannya.


Pengertian Media Jaringan
          Merupakan Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah komputer baik hardware maupun software, yaitu minimal dua buah komputer, Network inteface card, serta perangkat lain seperti hub, repeater, router, bridge, file server, dan media tranmisi.
Ada 2 jenis media transmisi yang digunakan jaringan komputer sebagai sarana penghubung,yaitu sebagai berikut:

  • Media Transmisi menggunakan Kabel (Wired Network).

          Hampir semua jaringan komputer yang ada saat ini mengg unakan kabel sebagai media transmisi. Mediatransmisi ini memiliki keterbatasan jangkauan dan tidak efisien karena banyak memakai tempat untuk jaringan kabel. Jaringankabel ini biasanya digunakan dalam area lokal, misalnya dalam satu gedung atau antar gedung dalam satu lembaga pendidikan.

Kabel yang sering digunakan sebagai media transmisi antara lain:
1.Twisted Pair
2. Coaxial
3.Serat optic,dll


  • Media Transmisi tanpa Kabel(WirelessNetwork)

          Media transmisi tanpa kabel merupakan komunikasi data dalam jaringan komputer yang tidak memanfaatkan kabel sebagai media transmisi, melainkan berupa gelombang elektromagnetik. Jaringan tanpa kabel ini memberikan keunggulan kepada pemakai untuk dapat mengakses setiap saat di mana pun berada. Sedangkan kekurangan media transmisi ini adalah kemampuan transfer data lebih kecil dibandingkan dengan jaringan kabel.
          Pada media transmisi ini, masih sering terjadi gangguan sehingga memungkinkan terjadinya kehilangan data. Jika sumber data dan penerima data jaraknya cukup jauh atau medannya sulit, maka dapat digunakan media transmisi radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka berupa:
1. Gelombang Mikro
2. Gelombang Radio
3.Infra Merah
4.Satelit

Pengertian Jaringan
          Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi data.

Macam-macam Jaringan Komputer

A. Bedasarkan Jangkauan Geografisnya

  • LAN (Local Area Network)

Local Area Network,disingkat LAN, merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup area atau wilayah yang kecil saja, biasanya digunakan pada jaringan di warnet, kantor, atau sekolah.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota tertentu dengan kecepatan transfer data yang tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain-lain2.

  • WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau yang biasanya disingkat WAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang sangat luas, mencakup negara dan benua, media transmisi yang biasa digunakan dalam jaringan WAN adalah kabel bawah laut dan satelit.

B. Bedasarkan Media Transmisi Datanya

1. Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)
    Wired Network adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya.Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya agar komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar data maupun terhubung dengan internet.

2. Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)
    Berbeda dengan wired network, wireless network tidak menggunakan kabel sebagai media transmisinya.Pertukaran informasi/ data antar komputer menggunakan gelombang elektromagnetik.

C. Bedasarkan Distribusi Sumber Data/Informasinya

  1. Jaringan terpusat, Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.
  2. Jaringan terdistribusi, Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
D.Bedasarkan Jenis Topologinya

Berdasarkan topologinya jaringan komputer dibagi menjadi 6 macam yaitu:

  • Topologi Bus
  • Topologi Star
  • Topologi Mesh
  • Toplogi Tree
  • Topologi Ring
  • Topologi Linier



          Oke temen-temen,mungkin materinya cukup sampai disini saja,untuk materi selanjutnya saya akan membahas tentang Macam-macam Topologi Jaringan.



KLIK UNTUK MACAM-MACAM TOPOLOGI JARINGAN



          Demikian yang dapat sampaikan,jika berkenan silahkan tekan tombol like dan komen.Semoga bermnfaat.Terima kasih.



No comments:

Post a Comment