Belajar Untuk Masa Depan Cerah

Ilmu Teknologi

Sunday 15 December 2019

Macam-Macam Perangkat Komputer Lengkap


          Hallo teman-teman,kali ini saya akan membagikan rangkuman materi tentang Macam-Macam Perangkat Komputer Lengkap,setelah kalian kemarin membaca artikel tentang Pengertian Perangkat Komputer dan Macam-macam Perangkat Komputer.Yuk simak rangkumannya.


Macam-Macam Perangkat Komputer

1.Perangkat Keras Komputer (Hardware)
          Perangkat Keras Komputer/Hardware adalah Komponen Fisik yang membentuk sebuah sistem komputer.Hadware sendiri memiliki sifat yang berbeda dengan Software yaitu dapat dilihat,diraba dan berbentuk nyata.Secara umum Hardware terbagi menjadi tiga bagian:

  • Perangkat Masukan(Input Device)
      Yaitu perangkat yang berfungsi memberikan perintah  atau data tertentu pada sistem komputer agar bisa bekerja sesuai keinginan pengguna.Beberapa contoh Input Device:
1.Mouse dan Touchpad
           
               
Mouse adalah input device yang mengontrol kursor di GUI dan dapat bergerak serta                            digunakan untuk memilih teks,ikon,file dan folder.Sedangkan touchpad memiliki fungsi                      sama seperti mouse pada komputer,tetapi touchpad biasanya digunakan pada perangkat                      laptop

2.Keyboard
                       
Input Device yang digunakan untuk memasukan karakter dan fungsi kedalam sistem                            komputer dengan menekan tombol.Keyboard merupakan perangkat utama yang                                  digunakan untuk memasukan teks.

3.Scanner           
              
Digunakan untuk memasukkan data khususnya berupa gambar ( images ).Pada dasarnya                      scanner hampir sama dengan mesin fotokopi,data yang dihasilkan dipindahkan dan                              direkam di dalam komputer. 

4.Joystick
         
               
Digunakan pada saat kita memainkan suatu permainan (game) terutama game yang dimainkan pada computer.

  • Perangkat Keluaran(Input Device)
      Output device merupakan perangkat yang bertugas untuk menampilkan data yang telah di proses oleh bagian processor, sebelumnya data di ambil oleh perangkat masukan atau input device.Beberapa contoh Output Device:
1.Monitor
                 
           
Monitor berfungsi untuk menampilkan berbagai macam tampilan data yang perlu di                              ketahui oleh pengguna komputer, data yang di tampilkan monitor merupakan hasil olahan                    data yang di ambil dari perangkat penyimpanan yang kemudian di salin ke penyimpanan                      sementara, kemudian data tersebut di proses oleh komponen processor untuk di tampilkan                    pada layar monitor

2.Speaker
               
             
Speaker adalah alat yang berfungsi untuk mengeluarkan data berupa suara, data suara  tersebut di ambil dari olahan processor yang mengolah data digital dengan format tertentu.

3.Printer
       


















Printer merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas.Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar maupun tulisan.

4.LCD Proyektor
LCD Proyektor mempunyai fungsi sama dengan monitor,akan tetapi LCD Proyektor akan menampilkan gambar pada screen agar informasi dapat diterima oleh manusia.


  • Perangkat Penyimpanan(Storage Device)
      Merupakan media untuk menyimpan informasi, baik melalui magnetisasi medium tertentu (magnetic storage media) maupun sinar laser (optical disk).Beberapa contoh storage device sebaga berikut:
1.Hard Disk
               
Hard disk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data. Hard disk
diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956.Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hard disk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB) hingga 80 GB.

 2.Floopy Drive




















Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah floppy disk (disket). Floppy disk terbuat dari cakram tipis, fleksibel yang dilapisi bahan yang bersifat magnetik dan terbungkus atau dilindungi oleh plastik. Kebanyakan floppy disk hanya mampu menampung data sekitar 1-2Mb saja, tetapi sekarang floppy disk dapat menyimpan hingga 1 Gb.
           
3.Optical Drive









Optical Drive biasa disebut dengan CD atau DVD drive. Disebut sebagai “optical” karena drive ini menggunakan sinar laser untuk melihat data yang tersimpan di dalam optical disk.Optical disk menggunakan bahan spesial yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relatif gelap atau terang. Contoh optical disk adalah CD-R/CD-RW. CD-R berarti CD yang dapat ditulisi informasi / data hanya sekali.Huruf “R” mengandung arti “Recordable”. Sedangkan CD-RW berarti CD yang dapat ditulisi informasi atau data berkali-kali. Huruf “RW” mengandung arti “ReWritable”.

4.Flash Disk




















Flash Disk merupakan media penyimpanan data yang menggunakan teknologi USB.USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner,printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat l ainnya ke komputer kita.


2.Perangkat Lunak Komputer(Software)
          Software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.
Klasifikasi software:
  • Software berdasarkan Jenisnya:
  1. Operating System (Sistem Operasi), yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa contoh operating sistem adalah; Windows, Linux, UNIX, DOS.
  2. Programming Language (Bahasa Pemrograman), yaitu perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer (computer application program).Beberapa contoh Bahasa Pemrograma adalah; PHP, Java, Microsoft Visual Basic
  3. Application Program (Program Aplikasi), yaitu perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu, misalnya software untuk presentasi, software akuntansi, dan lain sebagainya.Beberapa contoh Program Aplikasi adalah; Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice.org, dan lainnya.

  • Software berdasarkan Distribusinya:
  1. Freeware, Yaitu sebuah perangkat lunak gratis yang bisa digunakan tanpa adanya batas waktu, pada umumnya freeware ini disumbangkan kepada beberapa komunitas, tetapi freeware juga memiliki hak pengembang dan pengontrol dalam pengembangan pada aplikasi selanjutnya.
  2. Shareware, Merupakan suatu perangkat lunak yang uji cobanya diberikan secara gratis tetapi dengan fitur yang terbatas.Perangkat lunak uji coba ini bertujuan untuk memperkenalkan perangkat lunak tersebut sebagai strategi marketing dalam pengembangan aplikasi shareware itu sendiri. Shareware ini sering disebut juga trialware.
  3. Firmware, Yaitu sebuah perangkat lunak yang letaknya berada pada ROM (Read Only Memory).Firmware ini tidak dapat berubah walaupun sudah tidak dialiri oleh listrik, dan tempat penyimpanannya pun tidak dapat diubah di ROM namun tetap bisa dimodifikasi tergantung dari jenis ROMnya seperti EEPROM atau flashROM.
  4. Commercial Software, Yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan komersil yang dapat dibeli kepada para pengembang software, pendistribusi dan kepada rekan-rekan sesama pengembang software.Tetapi syaratnya, pengguna software ini tidak dapat menyebarluaskan software tersebut atau membagi ulang softwarenya kepada pihak lain secara gratis atau tanpa izin penerbitnya.Commercial software tersebut sudah dlindungi oleh Undang-Undang cipta.
  5. Free Software, Adalah jenis perangkat lunak yang dapat diutak atik dengan bebas dan dapat digunakan,disalin,diubah serta dimodifikasi dengan beberapa ketentuan yang dapat digunakan kembali oleh pengguna selanjutnya.
  6. Open Source, SoftwareMerupakan perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dipelajari, diubah, ditingkatkan dan juga disebarluaskan.
  7. Malware, Malware atau Virus Komputer adalah Salah satu perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem pada komputer dan jejaring komputer tetapi tanpa izin dari pemiliknya.

  • Contoh-contoh software:
  1. Google chrome (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet)
  2. Mozila firefox (fungsinya untuk masuk ke jaringan online).
  3. Microsoft office word (fungsinya untuk mengedit atau mengetik sebuah dokumen).
  4. Microsoft office powerpoint (fungsinya untuk membuat suatu presentasi, membuat video, mengedit foto, dan lain-lain).
  5. Microsoft excell (fungsinya kurang lebih sama dengan microsoft word untuk membuat atau mengedit sebuah dokumen).
  6. Format factory (fungsinya untuk mengubah format pada foto, video atau musik/lagu).
  7. VCL media player (fungsinya untuk memutar video/film).
  8. AIMP3 (fungsinya untuk memutar musik/lagu).
  9. Faststone capture (fungsinya untuk mengubah, mengedit, atau memotong gambar).
  10. Recyle bin (fungsinya untuk melihat atau mengambil file yang sudah dihapus).
  11. Coreldraw (fungsinya untuk membuat, mengedit dan membuat gambar berbasis vektor).
  12. Photoshop (fungsinya untuk mengedit foto/gambar).
  13. Opera mini (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet).
  14. Java (fungsinya untuk mencari aplikasi atau game).
  15. Ccleaner (fungsinya untuk membersihkan atau menghapus data yang tidak perlu).
3.Perangkat Otak Komputer(Brainware)
          Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer.Beberapa contoh brainware adalah programer, netter, dan para pengguna komputer lainnya.
Berikut ini adalah contoh brainware:
  1. Programer: orang yang punya kemampuan dalam bahasa pemorograman, sering berperan sebagai membuat program yang diperlukan pada sistem komputerisasi.
  2. Administrator: orang yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi dan program yang digunakan pada komputer atau jaringan komputer.
  3. Operator: orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer, misalnya merawat sistem operasi komputer, menyiapkan data untuk diakses, dan lain-lain.

          Oke temen-temen,mungkin materinya cukup sampai disini saja,untuk materi selnjutnya saya akan membahas tentang Pengertian Media,Pengertian Jaingan dan Macam-macam Jaringan.




          Demikian yang dapat sampaikan,jika berkenan silahkan tekan tombol like dan komen.Semoga bermnfaat.Terima kasih.

No comments:

Post a Comment