Belajar Untuk Masa Depan Cerah

Ilmu Teknologi

Sunday 12 April 2020

Perbedaan IP Private dan IP Public serta IPv4 dan IPv6

          Hallo teman-teman,kali ini saya akan membagikan rangkuman materi tentang Perbedaan IP Private dan IP Public serta IPv4 dan IPv6,setelah kalian kemarin membaca artikel tentang Macam-macam Kelompok IP Adress.Yuk simak rangkumannya.


Pengertian IP Private dan IP Public
1.IP Public

Yaitu  alamat IP yang digunakan dalam jaringan global Internet serta penggunaan dan alokasinya diatur oleh InterNIC untuk menjamin penggunan IP address ini secara unik. Karena kelas IP address ini digunakan di dalam jaringan internet maka IP ini bisa diakses melalui jaringan internet secara langsung. Perangkat yang menggunakan IP public, seperti web server, mailserver, DNS server, game server ataupun perangkat lain dapat diakses dari jaringan manapun di dunia ini yang terkoneksi ke internet. Untuk dapat menggunakan IP public, suatu organisasi biasanya dapat mendaftarkan diri ke salah satu ISP (Internet Service Provider).

2.IP Private

Disebut IP address private karena IP ini hanya dikenali dan bisa diakses dari jaringan local saja dan tidak bisa diakses melalui jaringan internet secara langsung tanpa bantuan router yang mempunyai fitur NAT. IP private digunakan untuk jaringan lokal agar sesama komputer dapat saling berkomunikasi, misalnya digunakan di jaringan sekolah, kantor, toko, warnet dan sebagainya. Perangkat yang terhubung ke jaringan lokal seperti printer, komputer, laptop, smartdevice biasanya akan mendapatkan IP address private. Agar IP private dapat terhubung ke internet maka diperlukan router yang mempunyai kemampuan untuk melakukan NAT (Network Address Translation) agar semua device dengan IP private dapat terkoneksi ke internet dengan menggunakan IP public yang terkoneksi langsung ke Internet). Meskipun sudah terkoneksi ke internet, IP private tetap tidak bisa diakses langsung dari jaringan internet.

Pengertian IPv4 dan IPv6
1.IPv4

Internet Protokol 4 atau IPV4 yaitu jenis jaringan internet yang dipakai pada protocol jaringan IP/TCP memakai protocol IP pada versi 4. Adapun total panjangnya yaitu 32 bit, secara teoritis bisa mengatasi sampai 4 miliar komputer house maupun lebih, yakni tepatnya sekitar 4.294.967.296 host yang ada di seluruh dunia.

2.IPv6

Internet protocol versi 6 atau  IPv6 adalah Internet protocol yang akan menggantikan versi  protokol Internet saat ini, yaitu IPv4 yang digunakan hampir 2 dekade. Alasan utama upgrading ke IPv6 adalah karena masalah IP Adress. Menurut InterNIC mereka sudah kehabisan alamat IP di kelas a dan kelas b dan sekarang ke kelas C. Mereka tidak punya  pilihan lain kecuali meng-upgrade internet protokol ke Versi lebih baik dan tujuan konfigurasi IPv6 adalah untuk mengatasi masalah keterbatasan tersebut.



            Oke temen-temen,mungkin materinya cukup sampai disini saja,untuk materi selanjutnya saya akan membahas tentang Cara Sharing File atau Folder menggunakan LAN



KLIK UNTUK CARA SHARING FILE ATAU FOLDER MENGGUNAKAN LAN




             Demikian yang dapat sampaikan,jika berkenan silahkan tekan tombol like dan komen.Semoga bermnfaat.Terima kasih.



No comments:

Post a Comment