Belajar Untuk Masa Depan Cerah

Ilmu Teknologi

Sunday 12 January 2020

Pengertian Protokol dan Macam-Macam Protokol Beserta Manfaatnya


          Hallo teman-teman,kali ini saya akan membagikan rangkuman materi tentang Pengertian Protokol dan Macam-Macam Protokol Beserta Manfaatnya,setelah kalian kemarin membaca artikel tentang Macam-macam Topologi Jaringan.Yuk simak rangkumannya.


Pengertian Protokol
       Protokol adalah sistem peraturan yang memungkinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua komputer atau lebih. Aturan ini harus dipenuhi oleh pengirim dan penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan baik.Sederhananya, protokol adalah media yang digunakan untuk menghubungkan pengirim dan penerima

Jenis/Macam-Macam Protokol

  1. TCP/IP,Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) merupakan standar dari    komunikasi data yang dipakai oleh komunitas internet. Standar ini mengatur dalam proses tukar-menukar data atau informasi dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet.
  2. User Datagram Protokol (UDP),adalah transport TCP/IP yang dapat mendukung komunikasi yang unreliable, tanpa adanya koneksi antar host di dalam suatu jaringan.
  3. Domain Name System (DNS),adalah distribute database yang dipakai dalam pencarian nama komputer di dalam jaringan menggunakan TCP/IP. DNS dapat bekerja pada jaringan dengan skala kecil sampai dengan global. Terkadang DNS juga digunakan pada aplikasi yang terhubung langsung dengan internet.
  4. HTTPS,Protokol HTTPS pasti sudah sering Anda dengar. Kata HTTPS bisa dilihat di browser pada saat mengakses halaman website yang menggunakan SSL. Apalagi HTTPS sudah banyak digunakan di beberapa website.
  5. SSH (Secure Shell),adalah sebuah protocol jaringan yang memungkinkan terjadinya pertukaran data antara dua komputer dengan aman. Mulai dari mengirim file, mengendalakan pada jarak yg jauh dan lain sebagainya. Dibanding dengan Telnet, FT, protokol ini mempunyai tingkat keamanan ynag unggul.
  6. Telnet (Telecommunication network),Dikembangkan pada 1969, Telnet memiliki standarisasi sebagai IETF STD 8 yang merupakan standar internet pertama kali. Protokol ini berjalan pada koneksi Internet atau LAN. Namun sayangnya Telnet mempunyai keterbatasan keamanan yang masih beresiko.
  7. OSI Layer,merupakan standar komunikasi yang diterapkan untuk jaringan komputer. Standar ini digunakan untuk menentukan aturan sehingga seluruh alat komunikasi bisa saling terkoneksi melalui jaringan internet.
Manfaat Protokol
  1. Memudahkan didalam menyediakan dan menggunakan layanan berbasis web (melalui web server dan aplikasi web browser menggunakan protokol HTTP (hyper text transfer protocol) dan HTTPS (hyper text transfer protocol secure). Layanan dan data yang disajikan melalui web dapat berbentuk teks, video, audio gambar atau kombinasi.
  2. Memudahkan didalam melakukan proses unggah dan unduh file secara transfer dari dan ke suatu direktori atau sub direktori antar komputer pada jaringan komputer, menggunakan protokol FTP (file transfer protocol).
  3. Keamanan data dan login pada layanan di jaringan komputer memanfaatkan enkripsi pada protokol SSL. Bayangkan jika tidak ada protokol SSL yang umumnya telak terintegrasi ke dalam aplikasi web browser. Sedangkan mayoritas layanan online saat ini berbasis web dan mobile.
  4. Kemudahan didalam mengendalikan (remote) komputer jarak jauh, memantau sistem, dan transfer file, menggunakan protokol SSH dan Telnet. Protokol SSH ini menyediakan kemanan yang lebih baik dibandingkan protokol Telnet.
  5. Mengecek koneksi jaringan komputer dan mengetahui sejauh mana pencapaian terhadap kommputer/server tujuan melalui perintah ping, memanfaatkan protokol ICMP. Tanpa adanya protokol ICMP pengguna komputer didalam jaringan akan kesulitan didalam mengecek koneksi yang ada.
  6. Protokol UDP yang memudahkan didalam penyediaan layanan yang lebih cepat (tanpa perlu setup koneksi/connectionless), misalnya pada layanan streaming online.

          Oke temen-temen,mungkin materinya cukup sampai disini saja,untuk materi selanjutnya saya akan membahas tentang Perbedaan Kabel UTP dan STP.




KLIK UNTUK PERBEDAAN KABEL UTP DAN STP




          Demikian yang dapat sampaikan,jika berkenan silahkan tekan tombol like dan komen.Semoga bermnfaat.Terima kasih.





No comments:

Post a Comment